Identitas
perusahaan, dalam Wikipedia dijelaskan bahwa ia berfungsi sebagai jati diri perusahaan, atau Ccorporate Identity. Adalah semua hal yang menunjukkan
perwakilan atau perwujudan dari media visual dan fisik yang mempunyai
manfaat untuk menampilkan suatu jati diri perusahaan, sehingga dapat membedakan
perusahaan tersebut dengan perusahaan lainnya.
Dengan pengertian ini maka seharusnya yang menjadi identitas
perusahaan harus bisa menggambarkan apa yang menjadi ciri khas perusahaan. Apa
yang bisa membedakan sekaligus memberi nilai lebih perusahaan Anda dengan
perusahaan lain; terutama bagi perusahaan lain yang bergerak pada bidang yang
sama dengan perusahaan Anda.
Yang harus dipahami adalah bahwa dalam praktiknya, identitas
perusahaan ini erat kaitannya dengan budaya perusahaan (corporate culture) dan
citra perusahaan (corporate image). Dimana dalam hal ini budaya perusahaan
merupakan identitas perusahaan dari sisi internal, sedangkan citra perusahaan
erat kaitannya dengan identitas perusahaan dari sisi eksternal perusahaan.
Sebenarnya untuk mengenal sebuah identitas perusahaan, bisa
dipandang sekilas dari bagaimana logo, seragam karyawan, dan segala hal yang
berkaitan dengan desain perusahaan. Bisa juga dilihat dari komunikasi
perusahaan yang mencakup cara sebuah perusahaan beriklan, mengeluarkan
informasi, dan melakukan relasi publik. Bisa juga dilihat dari bagaimana
nilai-nilai dan norma yang merupakan perwujudan dari sikap perusahaan
(corporate behavior) dalam melayani konsumennya.
Sebuah Annual Report biasanya dominan menyajikan visual dan teks, maka identitas perusahaan ini menjelaskan kepada pembacanya dengan menampilkan logo, perusahaan, barang atau jasa yang diproduksinya, dan berbagai ilustrasi yang kemudian dijelaskan dengan bantuan teks.
Sebagai salah satu contoh, fungsi Annual Report dalam menjelaskan identitas perusahaan bisa dilakukan dengan
menjelaskan apa saja makna yang terdapat pada logo perusahaan. Apa falsafah
yang terkandung dalam setiap detail logo yang menjadi kebanggaan seluruh orang
yang terlibat dalam perusahaan.
Dengan
memahami makna dan arti logo perusahaan dengan benar yang tersaji dalam annual
report ini, maka pembaca akan bisa menilai apa-apa yang menjadi arah dan tujuan
perusahaan ke depan. Bukan hanya saat logo itu dibuat tapi hingga nanti selama
perusahaan tetap berdiri.