AD (728x60)

Powered by Blogger.

Annual Report

Share & Comment

Identitas perusahaan, dalam Wikipedia dijelaskan bahwa ia berfungsi sebagai jati diri perusahaan, atau Ccorporate Identity. Adalah semua hal yang menunjukkan perwakilan atau perwujudan dari media visual dan fisik yang mempunyai manfaat untuk menampilkan suatu jati diri perusahaan, sehingga dapat membedakan perusahaan tersebut dengan perusahaan lainnya.

Dengan pengertian ini maka seharusnya yang menjadi identitas perusahaan harus bisa menggambarkan apa yang menjadi ciri khas perusahaan. Apa yang bisa membedakan sekaligus memberi nilai lebih perusahaan Anda dengan perusahaan lain; terutama bagi perusahaan lain yang bergerak pada bidang yang sama dengan perusahaan Anda.
Yang harus dipahami adalah bahwa dalam praktiknya, identitas perusahaan ini erat kaitannya dengan budaya perusahaan (corporate culture) dan citra perusahaan (corporate image). Dimana dalam hal ini budaya perusahaan merupakan identitas perusahaan dari sisi internal, sedangkan citra perusahaan erat kaitannya dengan identitas perusahaan dari sisi eksternal perusahaan.
Sebenarnya untuk mengenal sebuah identitas perusahaan, bisa dipandang sekilas dari bagaimana logo, seragam karyawan, dan segala hal yang berkaitan dengan desain perusahaan. Bisa juga dilihat dari komunikasi perusahaan yang mencakup cara sebuah perusahaan beriklan, mengeluarkan informasi, dan melakukan relasi publik. Bisa juga dilihat dari bagaimana nilai-nilai dan norma yang merupakan perwujudan dari sikap perusahaan (corporate behavior) dalam melayani konsumennya.
Sebuah Annual Report biasanya dominan menyajikan visual dan teks, maka identitas perusahaan ini menjelaskan kepada pembacanya dengan menampilkan logo, perusahaan, barang atau jasa yang diproduksinya, dan berbagai ilustrasi yang kemudian dijelaskan dengan bantuan teks.
Sebagai salah satu contoh, fungsi Annual Report dalam menjelaskan identitas perusahaan bisa dilakukan dengan menjelaskan apa saja makna yang terdapat pada logo perusahaan. Apa falsafah yang terkandung dalam setiap detail logo yang menjadi kebanggaan seluruh orang yang terlibat dalam perusahaan.

Dengan memahami makna dan arti logo perusahaan dengan benar yang tersaji dalam annual report ini, maka pembaca akan bisa menilai apa-apa yang menjadi arah dan tujuan perusahaan ke depan. Bukan hanya saat logo itu dibuat tapi hingga nanti selama perusahaan tetap berdiri.


Tags: ,

Tentang LAPANGDADA PRINTING

Adalah anak perusahaan yang bergerak di bidang percetakan dan desain grafis di bawah perusahaan CV. Oestra Ploytama. CS: 08981718924 - 5F3139F6

 

Order Sekarang Juga!

Hubungi segera: CS Yuris 08981718924 Pin BBM 5F3139F6
Anda dapat menghubungi kami kapan pun. Namun untuk layanan fast-respon hubungilah kami di hari kerja Senin - Sabtu jam 09.00 - 16.00 WIB.
Copyright © Lapangdada ID | Designed by Templateism.com